Friday, September 5, 2014

POTONG KAIN, BUAT KUPNAT DAN PASANG RESLETING CELANA

Kamis, tanggal 4 September 2014 dan
Jum'at, tanggal 5 September 2014.

Sebelum memotong kain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Arah serat kain harus searah dengan gambar pola.  Cara mengaturnya, garis utama pola celana harus sejajar dengan batas tepi kain bahan celana.
  2. Kain sisa potongan pola harus seminimal mungkin.  Cara mengaturnya diterangkan langsung oleh Instruktur ketika proses pemotongan kain akan dimulai bersama-sama.


Praktek pemotongan kain dilaksanakan serentak bersama, supaya dalam menjelaskan cara-caranya, Instruktur akan lebih efisien waktunya dan yang lebih penting tidak akan ada peserta yang dipotongkan oleh peserta lain, karena semua sedang konsentrasi memotong kain masing-masing dengan dipandu oleh Instruktur dan Video Praktis Teknik Jahitan.


Selain memotong pola dasar celana, peserta juga memotong pola pendukung lain seperti pola kain untuk dudukan resleting, pola kantong saku celana, pola ban pinggang dan lain-lain.
Bagian pola yang dalam pemasangannya perlu tambahan kain keras perlu diseterika dulu supaya kain kerasnya dapat menempel lengket di kain.


Setiap peserta harus praktek meng-obras kain pola celana pada bagian tertentu yang dipandang perlu untuk di-obras.  Karena mesin obras yang dimiliki LPK Intan Sruweng baru satu mesin, maka peserta harus sabar mengantri tunggu giliran.  Satu persatu peserta dipanggil oleh Instruktur untuk praktek meng-obras punya masing-masing.  


Praktek memasang resleting celana panjang dengan kuat, rapih dan benar merupakan materi pelatihan menjahit yang paling sulit untuk menjelaskan kepada para peserta latihan.
Namun dengan mengamati Video Praktis Teknik Jahitan dari LPK Intan Sruweng, hanya dalam hitungan 1 jam pelajaran 45 menit saja, semua peserta sudah dapat memahami dan siap untuk praktek memasang resleting dengan baik.
Bagi yang tidak percaya dengan pernyataan tersebut silakan PLAY video berikut:

 

Satu kali mengamati video tersebut, peserta latihan memperoleh gambaran urutan langkah cara pasang resleting celana panjang.  Dua kali mengamati video tersebut, peserta latihan dapat memperoleh kunci-kunci cara menjahit resleting dengan kuat dan rapih.  Tiga kali mengamati video tersebut, peserta latihan sudah memahami cara memasang resleting dengan praktis dan siap untuk mempraktekkannya.

Dapat berhasilkah?  Cara ini sudah di-uji coba untuk melatih peserta pelatihan menjahit dalam program PNPM keliling dari desa ke desa lain sejak tahun 2011 sampai 2014 sekarang ini, dan alkhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan.
Sekarang, metoda ini akan di uji-coba untuk memberikan pelatihan menjahit Bantuan Program Pelatihan Menjahit kepada Masyarakat Tahun 2014 dan hasilnya adalah sebagai berikut:









Semoga Dapat Diambil Manfaat Positifnya, Maturnuwun.

DOKUMENTASI PELATIHAN MENJAHIT LPK INTAN SRUWENG
=================================================================

2 comments:

  1. Video Praktis Teknik Jahitan dari LPK Intan
    memang mudah dipelajari...
    istriku sudah beli buku dan VCD pakaian wanita dan pria
    sekarang sudah bisa buat baju sendiri..
    thank's LPK Intan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernyataan serupa banyak diterima dari pembeli buku dan vcd,
      baik yang disampaikan via sms maupun email...
      Alkhamdulillah, buku dan VCD yang masih sangat sederhana dari Intan
      dapat mendatangkan manfaat bagi para pembelinya...
      Maturnuwun...

      Delete