Wednesday, August 27, 2014

UKURAN BADAN UNTUK BUAT GAMBAR POLA BUSANA

Pelatihan hari Selasa tanggal 26 Agustus 2014

Silakan di-PLAY video Cara Mengambil Ukuran Badan untuk membuat busana wanita bagian atas, baik kebaya, blouse maupun blazer.


Materi pelatihan pada hari pertama adalah mengambil ukuran badan dilanjutkan membuat gambar pola busana kebaya dan pola rok panjang pasangannya. Meskipun sebelumnya sudah disajikan ceramah dan video menggunakan proyektor dengan tampilan ukuran lebar dan cukup jelas, namun untuk lebih mempertebal pemahaman dari para pesertanya, Instruktur LPK Intan tetap memperagakan cara mengambil ukuran badan dimaksud.


Para peserta praktek mengambil ukuran badan dengan menirukan cara yang dilihat melalui video, juga gerakan yang diperagakan oleh Instruktur sebelumnya.


Saling bergantian dengan sesama peserta latihan, semua peserta berhasil memperoleh ukuran badan masing-masing, ukuran badan spesial untuk membuat bajunya sendiri, bukan ukuran standar pasaran S, M, L dan seterusnya, yang belum pasti akur dan cocok dengan badan diri sendiri.


Berdasarkan angka-angka ukuran badan untuk dirinya sendiri tersebut, selanjutnya dibuat hitungan sederhana sebagai dasar untuk membuat gambar pola busana.  Misalnya dari ukuran lingkar badan kemudian dihitung setengah lingkar badan, seperempat lingkar badan plus 1, seperempat lingkar badan minus 1 dan seterusnya, untuk mempermudah dalam proses pembuatan gambar polanya.


Setiap peserta membuat gambar pola busana untuk dirinya sendiri, yang paling pas untuk dirinya sendiri dan belum tentu cocok untuk badan orang lain.  Karena ukuran badan masing-masing peserta saling berbeda, maka bentuk dan ukuran dari gambar pola yang sedang dibuat juga saling berbeda, tidak ada yang sama.


Dari hasil pelatihan hari ini selama 8 jam pelajaran dengan teori ceramah, video dan peragaan menyita waktu 2 jam pelajaran dilanjutkan praktek selama 6 jam pelajaran, semua peserta nyata berhasil membuat gambar pola busana kebaya dan pola rok panjang untuk dirinya sendiri.


Demikian kegitatan pelatihan menjahit pada hari pertama, yang akan berlanjut selama 13 hari, dan pada hari penutupan pelatihan semua peserta diwajibkan memakai busana kebaya dan rok panjang hasil praktek buatan sendiri. 

DOKUMENTASI KEGIATAN LPK INTAN SRUWENG
=====================================================================







No comments:

Post a Comment