Friday, September 5, 2014

MEMBUAT DAN MEMASANG SAKU CELANA

Hari Sabtu, tanggal 6 September 2014.

Hari ini peserta latihan membuat saku samping dari celana panjang, baik saku kiri maupun kanan. Pertama membuat kontong sakunya, dan langkah berikutnya adalah memasang kantong saku tersebut pada pola depan celana panjang.


Cara membuat saku samping celana relatif sama dengan cara membuat saku samping pada rok yang telah dipelajari sebelumnya.  Bila lupa silakan PLAY video berikut:


Bentuk dan model saku samping pada celana lazimnya berbentuk empat persegi panjang.





Tugas-tugas praktek yang dilakukan para peserta latihan menjahit di LPK Intan Sruweng selalu dikerjakan kompak serempak bersama-sama, dengan bimbingan Instruktur dan dipandu oleh Video Praktis Teknik Jahitan yang dapat dilihat besar dan jelas di kain layar depan area praktek menjahit.

Manfaat dari latihan menjahit system kompak bersamaan waktu adalah:
  1. Instruktur lebih cepat mengenali peserta mana yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas, karena dia akan selesai paling akhir dan memerlukan bimbingan yang lebih banyak dari peserta lain yang sudah dapat selesai lebih cepat.
  2. Tidak terbuka kesempatan bagi peserta untuk membantu mengerjakan tugas peserta lainnya, karena tugas akan dimulai pada saat yang bersamaan dan juga berakhir pada waktu bersamaan pula.
  3. Peserta yang mengerjakan tugasnya lambat otomatis sedikit menghambat peserta yang lain, dan Instruktur akan membimbingnya supaya bisa lebih cepat seperti peserta lainnya. Dengan demikian, setiap peserta selalu berupaya dapat mengerjakan tugas dengan lebih cepat, dan kondisi ini sangat menguntungkan semua pihak.
Hari ini setiap peserta sudah berhasil membuat dan memasang saku samping dari celana panjang yang sedang dibuatnya sendiri.  Semua tugas dikerjakan sendiri oleh peserta masing-masing.


 




No comments:

Post a Comment