Friday, August 29, 2014

MEMBUAT DAN MEMASANG KRAH KEBAYA

Hari Kamis, tanggal 28 Agustus 2014.

Peserta latihan diajak mendengar ceramah sambil melihat Video Praktis Teknik Jahitan yang mengambil topik bahasan Cara Membuat dan Memasang Krah kebaya.  Karena menggunakan proyektor yang dapat disaksikan di layar dengan tampilan besar, tentu saja peserta latihan jadi lebih bersemangat dalam mengikuti pelatihan menjahit yang dilaksanakan LPK Intan Sruweng atas Bantuan Program Pelatihan Masyarakat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Ceramah dan Video ditayangkan selama 2 jam pelajaran @ 45 menit, dan sisanya yang 6 jam pelajaran digunakan untuk melaksanakan praktek membuat dan memasang krah kebaya. Lama latihan setiap hari 8 jam pelajaran, dimulai jam 8.00 pagi sampai jam 15.15 sore.

Istirahat jam 10.15-10.30 selama 15 menit sambil menikmati snack, siangnya ada ISOMA jam 12.00-13.00 selama 60 menit.
Meski jumlah pesertanya lengkap sebanyak 20 (dua puluh) orang, namun suasana latihan tetap terasa lenggang dan lega... karena menempati dua ruangan, yaitu ruangan praktek jahit ukuran 8 x 8 meter plus ruangan gambar pola dan potong kain ukuran 8 x 6 meter.
Suasananya dibuat senang namun tetap semangat tinggi, tak satu pesertapun yang tampak termenung... semua melaksanakan tugas praktek dengan gaya, cara dan teknik jahitan menirukan gerakan Video Praktis Teknik Jahitan yang baru dilihatnya.

Yang pertama dibuat adalah praktek membuat krah kebaya, polanya sudah dibuat beberapa hari lalu. Ada yang pakai mesin jahit sederhana, ada yang pakai mesin jahit multi fungsi, tidak perlu berebut pakai, karena semua mesin jahit tidak ada yang digenjot kaki, kecuali listrik giliran mati...

Setelah krah jadi, langkah berikutnya adalah langkah persiapan memasang krah pada kerung lingkar leher. Langkah persiapan yang dimaksud adalah menempatkan krah pada posisinya, kemudian mengikatnya dengan jarum pentul atau menggunakan jahitan jelujur.

Setelah yakin hasil pekerjaannya sudah kondisi siap dijahit, peserta segera menuju ruang praktek jahit dan dapat memilih mesin jahit sesukanya.  Proses memasang krah pada kerung lingkar leher dilaksanakan dengan senang dan semangat, karena instrukturnya selalu memberi contoh-contoh gerakan yang energik sambil mengajak para peserta untuk latihan lincah dan energik juga, tidak menyiakan waktu yang ada...

Dari hasil praktek selama 6 jam pelajaran yang ditargetkan, nyata semua peserta dapat berhasil membuat krah kebaya sendiri, memasang dan menjahitnya sendiri, kemudian memakainya sendiri untuk menghadap Instruktur guna diberi nilai yang angkanya bakal tertulis pada lembar sertifikat pelatihan dengan gugus kompetensi kerja: MEMBUAT DAN MEMASANG KRAH KEBAYA.

Nilai yang bakal tampil di Sertifikat Pelatihan bukan dibuat ngawur tanpa dasar, semua dilandasi dan bersumber dari prestasi kerja para peserta yang dapat dilihat dari hasil praktek latihannya.

Pada hari Kamis tanggal 28 Agustus 2014 jam 12.20 ADA KEJUTAN di LPK Intan, karena ada kunjungan dua pejabat Disnakertransduk Provinsi Jawa Tengah yang sangat membahagiakan seluruh keluarga LPK Intan Sruweng.

Ketika ditanyakan seputar tindak lanjut pasca latihan, dengan mantap Pimpinan LPK Intan menjelaskan bahwa bagi peserta yang berminat kerja, mitra perusahaan penempatan kerja sudah siap menunggu, yaitu PT Samwon Busana Indonesia di Semarang. Sedangkan bagi peserta yang ingin wiraswasta, order jahitannya juga sudah menunggu yaitu pembuatan tas brekatan atau tas tempat oleh-oleh pada acara khajatan.

Karena waktu kunjungan bertepatan dengan jam istirahat maka ada kesempatan wawancara langsung dengan beberapa peserta, dan syukur alkhamdulillah... dari hasil wawancara tersebut ternyata hasilnya dapat menggembirakan semua pihak, karena semua berjalan normal, wajar, lugas sesuai perencanaan dan penggunaannya....
Jam 13.00 pelatihan menjahit dilanjutkan, dan sempat disaksikan oleh Ibu-ibu dari Disnakertransduk Provinsi Jawa Tengah. Tepat jam 13.20 kedua Ibu meninggalkan LPK Intan, kepada para peserta latihan berpesan SELAMAT BERLATIH SEMOGA BERHASIL, dan kepada segenap keluarga LPK Intan mengucapkan SELAMAT DAN SUKSES BUAT LPK INTAN...

Terimakasih Ibu... selamat jalan, semoga selamat sampai Semarang.... Amien.

DOKUMENTASI KEGIATAN PELATIHAN LPK INTAN
=====================================================================
Silakan di-PLAY video berikut:

ADA KESAN DAN PESAN DARI PESERTA LATIHAN



7 comments:

  1. Seandainya semua Lembaga Pelatihan bisa OPEN seperti ini...
    Semua akan berjalan dengan lebih tertib dan teratur...
    Ok, sukses buat LPK Intan Sruweng Kebumen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terimakasih...
      Kalo judulnya PELATIHAN MASYARAKAT, maka penalarannya adalah masyarakat seharusnya punya kesempatan untuk ikut monitoring kegiatan pelatihan dimaksud. Setuju?
      Supaya masyarakat dapat ikut monitoring pelatihan yang dilaksanakan oleh LPK Intan Sruweng, maka Blog ini yang memasyarakatkan-nya.
      Terimakasih.

      Delete
  2. Apakah tahun ini ada pelatihan menjahit di lpk intan bersama disnakertrans?Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillah ADA, kegiatannya dapat disimak pada blog SISLATANDU.BLOGSPOT.COM atau alamat URL tepatnya adalah: http://sislatandu.blogspot.co.id/2015/10/pembukaan-bantuan-program-pelatihan.html
      Terimakasih.

      Delete
  3. Apakah tahun ini ada pelatihan menjahit di lpk intan bersama disnakertrans?Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Apakah tahun ini ada pelatihan menjahit di lpk intan bersama disnakertrans?Terimakasih

    ReplyDelete