Wednesday, September 3, 2014

MEMBUAT ROK PASANGAN KEBAYA (2)

Selasa, tanggal 2 September 2014.

Melanjutkan proses pembuatan rok pasangan kebaya, pada hari ini akan dipraktekkan cara membuat saku samping pada rok serta cara memasang ban-pinggang pada rok.



Lazimnya kantong saku samping dibuat menggunakan kain bahan yang tipis namun ulet dan kuat, jadi kain bahannya berbeda dengan kain bahan yang digunakan untuk membuat rok. Pemakaian kain bahan yang tipis bertujuan supaya busana rok yang dihasilkan tampak rapih.

Setelah kantong saku sudah jadi, baik yang kiri maupun yang kanan, selanjutnya dipasang pada pola rok bagian depan.  Cara pasangnya dapat disimak pada Video Praktis Teknik Jahitan yang berikut:




Peserta latihan menirukan gerakan praktis cara membuat saku samping seperti yang ditampilkan diatas, bila ada kesulitan bisa bertanya kepada Instruktur LPK Intan Sruweng.



Tapi maaf, kalau mau tanya jangan pakai Bahasa Jawa ya... pakai Bahasa Sunda saja... atau langsung Bahasa Indonesia lebih akurat.  Lho kok?  kenapa begitu?
Karena Instruktur-nya baru di-impor dari Bandung, belum lancar berbahasa Jawa... ok?

Dalam pelatihan ini, Instrukturnya adalah dua sejoli Bpk. Iman dan Ibu Lies, keduanya sudah sama-sama banyak pengalaman dalam menangani pelatihan.  Terlebih Ibu Parniyah pimpinan LPK Intan juga rajin mengontrol dan mengawasi proses pelatihan yang sedang berlangsung, sehingga kualitas pelatihan akan lebih meyakinkan... (atau barangkali Ibu Pimpinan curiga... takut terjadi penyimpangan kurikulum???... he-he-he....).

Setelah selesai membuat dan memasang saku samping, selanjutnya para peserta latihan memasang ban pinggang.
Bagaimana cara menjahit ban pinggang, silakan di-play vieo berikut:

 



Hari ini para peserta berhasil mengerjakan tugas praktek membuat rok sampai pemasangan ban-pinggang.  Sebenarnya tinggal kurang satu langkah lagi, yaitu langkah finishing antara lain memasang kancing hak, menjahit lipatan bawah dan membersihkan benang sisa jahitan.
Tetapi karena waktunya sudah setengah empat sore, sudah melebihi jadwal seperempat jam, maka proses finishing pembuatan rok terpaksa dilanjut esok pagi selama 2 jam pelajaran. Sedangkan jam pelajaran ke-3 digunakan untuk evaluasi mengambil nilai dari praktek pembuatan rok, dan setelah istirahat snack segera masuk ke materi lain, yaitu membuat celana panjang wanita...

No comments:

Post a Comment